Sosialisasi dan Penginputan Data dalam Rangka Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2019
16 August 2019 RAPAT PD 2019

Sosialisasi dan Penginputan Data dalam Rangka Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2019


Berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri No. 002.6/4341/59, tanggal, 28 Mei 2019, perihal Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2019.

Dengan hal tersebut, Sosialisasi dan Penginputan Data dalam Rangka Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2019, dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 16 Agustus 2019, pukul 09.99 WIB, bertempat di Ruang Rapat Lt. I BAPPEDA Kabupaten Bandung yang dihadiri oleh:

  • Sekretariat Daerah
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  • Badan Pendapatan Daerah
  • Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
  • Satpol PP
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan
  • Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
  • Dinas Ketenagakerjaan
  • Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  • Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  • Dinas Pemuda dan Olah Raga
  • Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  • Dinas Pemadam Kebakaran
  • Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertahanan
  • Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang
  • RSUD Cicalengka
  • RSUD Soreang
  • Kecamatan Ciwidey

Adapun susunan acara sebagai berikut:

  1. Sambutan Kepala BAPPEDA Kabupaten Bandung, dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Bandung Ibu Dra. Hj. LILIS NURHAYATI.S, M.Si dilanjutkan dengan menyampaikan Paparan Sosialisasi dan Penginputan Data dalam Rangka Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2019 dengan materi yang disampaikan adalah sebagai berikut:
  • Guna mencapai pelayanan kepada masyarakat yang maksimal diperlukan adanya inovasi. Dalam hal ini Pemerintah Pusat perlu memberikan sosialisasi dan penghargaan terkait inovasi daerah.
  • Pelaksanaan inovasi daerah didasarkan pada UU no 23 thn 2014  tentang  Pemerintahan Daerah (Pasal 386 s.d Pasal 390), Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 104 Tahun 2018 tentang Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif Inovasi Daerah.
  • Berdasarkan PP No. 38 Tahun 2018, terdapat 3 bentuk inovasi daerah diantaranya Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik, dan bentuk inovasi lainnya terkait urusan dan kewenangan.
  • Indeks inovasi daerah merupakan himpunan inovasi daerah yang telah dilaporkan kepada menteri dalam negeri sebagai sebuah bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. bentuk kebaharuan didasarkan urusan dan kewenangan suatu pemerintahan daerah pada setiap tingkatannya.
  • Terdapat lima poin penting terkait inovasi daerah, diantaranya perlu adanya pembaharuan, mengacu pada prinsip yang efektif dan efisien, selain itu pemerintah pusat perlu melakukan pembinaan, penilaian, dan pemberian penghargaan/insentif untuk inovasi daerah, kemudian perlu adanya inisiasi ide kreatif terkait inovasi daerah, dan terakhir perlu adanya perlindungan hukum bagi ASN.
  • Inovasi daerah harus diinput ke dalam form yang terdiri dari nama inovasi daerah, bentuk inovasi daerah,waktu, taging urusan inovasi daerah, latar belakang dan permasalahan, tujuan dan manfaat, dan hasil inovasi daerah.
  • Terdapat tahapan - tahapan penilaian inovasi daerah diantaranya, pertama dilakukan skoring dan rangking, kemudian tim penilai melakukan verifikasi kunjungan ke lapangan, lalu kepala daerah menyampaikan hasil penilaian, dan terakhir pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA).

 

  1. Paparan dilanjutkan oleh Kasubid.  Kelembagaan dan Kerjasama Bappeda Kab. Bandung Bapak AJAT SUDRAJAT, S.Pt, M.P.WK, tentang Sosialisasi Petunjuk Penginputan Data Inovasi Daerah. Adapun hal – hal yang disampaikan dalam paparan ini diantaranya:
    • Dalam proses penginputan data inovasi daerah,perangkat daerah diharapkan masuk ke dalam situs web : indeks.inovasi.data.go.id, kemudian perangkat daerah  menginput data – data berupa SK, gambar, video, file dokumen, dan anggaran terkait inovasi daerah kedalam web.
    • Program inovasi daerah yang dinilai harus minimal 2 tahun berjalan untuk ikut dalam penghargaaan  Innovative Government Award (IGA). Apabila terdapat program inovasi yang belum 2 tahun berjalan, harus tetap diinput dan program tersebut akan dinilai di IGA tahun selanjutnya.

 

  1. Kesimpulan dan Tindaklanjut
  1. Kesimpulan
  1. Inovasi daerah sangat penting dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
  2. Masalah yang muncul terkait inovasi daerah Kabupaten Bandung adalah kurangnya informasi untuk mengekspose/ input data inovasi daerah yang sedang berlangsung.
  3. Masih perlunya peningkatan kesadaran perangkat daerah  untuk rutin menginput data/informasi terkait inovasi daerah.

 

  1. Tindaklanjut
  1. Perangkat daerah harus aktif dan rutin untuk menginput data/informasi terkait inovasi daerah, guna menambah nilai inovasi daerah Kabupaten Bandung.

 


Berita Lainnya

Indra Nugraha R
29-05-2019
Assalamualaikum admin, saya Indra mahasiswa ITB ingin brtanya kalo di bappeda ada data terkait drainase dan sungai daerah kecamatan cileunyi gak ya? kalo ada permohonan datanya kayak gimana min? saya butuh data2 tersebut untuk keperluan Tugas Akhir di daerah Perumahan Bumi Panyawangan.
Fisik
19-06-2019
Kepada Yth. Sdr. Indra Nugraha R di Tempat. Kalau untuk drainase, bisa langsung ke Bidang. Drainase di Dinas PUTR, ada Masterplan Drainase. Untuk sungai bisa ke BBWS Citarum di jl. Cidurian, kalau hanya untuk melihat sungai apa saja yang melintasi Cileunyi, bisa dilihat pada lampiran Peta RTRW Kabupaten Bandung, ada di web bappeda.bandungkab.go.id atau ppid.bandungkab.go.id, terima kasih atas kunjunganya ke website bappeda.bandungkab.go.id
Idk
19-05-2019
Rifani
23-04-2019
Selamat pagi, saya dengan Rifani dari PT Fengtay, saya memerlukan data mengenai rencana pengembangan sektor industri di kabupaten Bandung. saya sudah mencoba menggunakan aplikasi simtaru, tetapi ketika dicoba di download, halaman bersangkutan hanya menunjukan "tidak ada file yang di unggah". saya memerlukan data tersebut untuk keperluan perencanaan investasi, dimana saya bisa mendapatkan salinan RPJMD kabupaten bandung untuk tahun 2018-2023 atau 2019-2024? terima kasih.
Sekretariat
29-04-2019
Kepada Yth. Bapak Rifani dari PT Fengtay, mohon maaf layanan informasi publik terganggu, mengingat ada perbaikan Aplikasi. Untuk keperluan data yang dimohon salinan RPJMD Kabupaten Bandung dapat diunduh di web bappeda.bandungkab.go.id (http://bappeda.bandungkab.go.id/berita/category/27), terima kasih atas kunjungannya.
Fitri Nurharyati
14-03-2019
assalamu'alaikum wr. wb selamat pagi ka, saya fitri mahasiswa arsitektur unikom. saya saat ini sedang mengambil tugas akhir (skripsi) mengenai panti asuhan. Bolehkah saya minta data KDB, KLB, RTRW, Peraturan-peraturan dan Cad kab. bandung lebih tepatnya soreang. Dan kalau ingin tau seberapa banyak kasus sosial ttg anak atau tentang panti asuhan. hatur nuhun ka :)
Sekretariat
12-04-2019
Waalaikum Salam Wr. Wb. Kepada Yth. Saudari Fitri data dapat di Unduh di Website Bappeda di alamat https://drive.google.com/uc?export=download&confirm=EWAK&id=1WLVfY6DahroDTHkh-WQ12AEmY_MZTsv0
Diana puspa
13-02-2019
Assalamualaikum wr wb, pa saya mahasiswi upi bandung sedang mengadakan penelitian di umkm kab.bandung, bolehkah saya meminta data statistik mengenai umkm yg ada di kab.bandung untuk penelitian saya? , terimakasih..
Sekretariat
19-02-2019
Wlkmssalam. Kepada Yth. Sdr. Diana Puspa Mahasiswi UPI Bandung di Tempat. Sesuai dengan permohonan data yang disampaikan mengenai data statistik UMKM yang ada di Kabupaten Bandung. Dengan hal tersebut data akan disampaikan email Saudari. terima kasih.
Fuji Setiawati
04-10-2018
Perkenalkan saya fuji mahasiswi Poltekkes Kemenkes Bandung jurusan Gizi. Saya ingin melakukan penelitian yang berjudul "GAMBARAN OBESITAS SENTRAL PADA PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG", bagaimana alur perizinannya?
Sekretariat
15-10-2018
Yth. Sdri. Fuji Setiawati. Jl.cilisung no 18 B RT.06 RW.05 Desa Sukamenak Kec. Margahayu. Untuk proses ijin penelitian tentang "GAMBARAN OBESITAS SENTRAL PADA PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG", diharapkan membuat surat permohonan ijin penelitian ke KesbangPol Kabupaten Bandung yang ditujukan ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Bandung yang menangani Kepegawaian secara keseluruhan. Terima kasih atas kunjungannya ke web bappeda.bandungkab.go.id
Vidia maulidia
03-10-2018
Assalamualaikum, saya mau menanyakan perihal peta administrasi kabupaten bandung kecamatan ciparay, untuk kebutuhan tugas akhir, bisa diakses dimana ya pak, apakah harus ke kantor atau bisa via email, terimakasih sebelumnya
Fisik
15-10-2018
Wa’alakumussalam Wr.Wb. Yth. Vidia Maulidia. Sesuai permohonan peta administrasi Kabupaten Bandung Kecamatan Ciparay yang saudari mohon, untuk itu dapat diakses di web bappeda.bandungkab.go.id pada direktory Bid. Renbang Fisik atau melalui Aplikasi SIMTARU: simtaru.bandungkab.go.id: 8800, bisa langsung ke Kantor Kecamtan yang bersangkutan. Terima kasih atas kunjungannya ke web bappeda.bandungkab.go.id
Jajang Rossy
26-09-2018
Bisakah Bappeda Kabupaten Bandung menampilkan informasi RTRW dalam bentuk yang lebih detail sehingga bisa diakses secara on line ?
Fisik
15-10-2018
Yth. Sdr. Jajang Rossy. Kp. Sukanegla RT.04 RW.07 Desa Sukamantri Kecamatan Pasehg Kabupaten Bandung. Sesuai dengan yang Saudara sampaikan tentang informasi RTRW dalam bentuk detail. Sehubungan hal tersebut, dapat diakses di web bappeda.bandungkab.go.id pada direktory Bid. Renbang Fisik atau melalui Aplikasi SIMTARU: simtaru.bandungkab.go.id: 8800, bisang langsung ke Kantor Kecamtan. Terima kasih atas kunjungannya ke web bappeda.bandungkab.go.id
Johanni Baptista Atinera Marwanta
26-05-2018
Selamat malam, saya Johanni dari Atmajaya Yogyakarta. Saya saat ini sedang berkuliah di program studi Arsitektur dan sedang menggarap skripsi. Saya ingin bertanya tentang KDB, KLB, TB, dan syarat - syarat bangunan yang harus dibangun di kabupaten bandung, saya sudah mengakses jdih dan rtrw di web ini tetapi masih tidak menemukan hal tersebut. apakah syarat - syarat tersebut tidak didapat secara online seperti di beberapa daerah? apakah saya sendiri yang harus datang ke bappeda untuk mendapatkan data terkai KDB, KLB, TB, SEMPADAN, dan syarat - syarat tersebut? sekian dan terima kasih.
Fisik
06-06-2018
Kepada Yth. Saudara Johanni Baptista Atinera Marwanta dari Atmajaya Yogyakarta. Untuk memenuhi permohonan yang Saudara sampaikan untuk studi Arsitektur dan sedang menggarap Skripsi terkait Data KBD, KLB, TB dan Sempadan, data yang dimohon terdapat di Dinas PUPR Kabupaten Bandung Bidang Bangunan. Demikian yang dapat disampaikan, terima kasih atas kunjungannya ke web bappeda.bandungkab.go.id
Tatang Tahajudin
23-05-2018
Assalamu'alaikum. Apakah benar di Rancaekek akan dibangun kolam retensi sbagai salah satu langkah utk penanggulangan banjir yg sering melanda daerah tsb ?
Fisik
06-06-2018
Kepada Yth. Saudara Tatang Tajudin di Tempat. Waalaikumussalam. Untuk penanggulangan banjir di Kecamatan Rancaekek telah disusun Rencana, antara lain: Pembangunan Kolam Retensi. Tahap pembangunan saat ini baru Studi kelayakan yang dilaknakan oleh BBWS Citarum. Lokasi dalam tahap Identifikasi. Demikian yang dapat disampaikan terima kasih atas kunjungannya ke web bappeda.bandungkab.go.id

 Statistik Pengunjung


40
HARI INI
355
MINGGU INI
1.331
BULAN INI
17.122
TAHUN INI
Detail Pengunjung Hari ini